Rabu, 30 September 2015

Pengertian Gizi, Gizi Masyarakat, Gizi Klinik


Kata gizi berasal dari dialek bahasa Mesir yang berarti “makanan” gizi merupakan terjemahan dari kata “nutrition” yang dapat diterjemahkan menjadi “nutrisi”. gizi dapat diartikan sebagai adalah senyawa yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan kelangsungan hidup manusia , Gizi menurut umum adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transfortasi, penyimpanan.

Gizi masyarakat berkaitan dengan masyarakat atau kelompok, menitik beratkan pada preventif dan promotif menyangkut pada masalah kesehatan ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kependudukan dan sebagainya.

Gizi klinik adalah gizi yang berkaitan dengan kesehatan perorangan, masalah gizi perorangan yang sedang menderita gangguan kesehatan akibat kekurangan atau kelebihan gizi, menitik beratkan pada kuratif . Dalam hal ini dibutuhkan penilaian status gizi masyarakat untuk mengetahui kondisi gizi  masyarakat apakah masyarakat tersebut memiliki status gizi yang baik atau buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar